9 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Halo sobat sehat !

Kali ini, saya akan membahas : “9 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur”. Sobat sehat khususnya anda para wanita Pasti tahu Siklus Menstruasi. Biasanya atau rata-rata adalah 28 hari. Tetapi, bukan berarti setiap kali anda mens, anda selalu pada tanggal 28, berhenti, kemudian mulai lagi tanggal 28, dan tanggal 28 lagi.

Bukan seperti gajian karyawan yang selalu tepat tanggal akhir bulan. Jadi, siklus menstruasi bisa plus/minus 7, kalau saya katakan. Yaitu 21 hingga 35 hari. Dan dikatakan tidak normal atau tidak teratur jika terjadi di bawah 21 hari atau di atas 35 hari selama 3 bulan berturut-turut. Dan anda harus konsultasikan hal ini ke dokter anda. Apa saja penyebab yang membuat siklus menstruasi anda tidak teratur?

Yang pertama adalah mereka atau para wanita yang telah memasuki usia perimenopause menuju menopause. Jadi, hal ini terjadi sekitar 8 sampai 10 tahun, dimana terjadi masa menstruasi atau siklus menstruasi mereka tidak teratur. Dan akhirnya sampai berhenti total. Jadi, wanita yang memasuki masa-masa ini adalah mereka yang biasanya di atas usia 40 tahun. Kemudian, yang kedua adalah aktifitas fisik berlebih atau bisa kita bilang olahraga yang over. Olahraga yang berlebihan secara rutin. Jadi contohnya, misalkan pada atlet wanita yang kejar target, yang mau bertanding. Dia harus bekerja keras, berlatih keras selama beberapa bulan. Misalnya seperti itu. Dan hal ini 15% terjadi pada atlet. Menstruasinya tidak teratur atau siklus menstruasinya tidak teratur.

Kemudian, yang ketiga adalah diet ketat. Siapa disini yang kalau diet suka diet ketat?. Gak makan 3 hari. Cuma minum air putih atau cuma makan tahu 1 buah, atau cuma makan apel 1 buah. Ingat, hormon juga dibentuk dari apa yang anda makan. Jika anda tidak makan apa-apa, maka hormon anda mau dibentuk dari mana? Bahan bakunya dari mana? Itu yang pertama. Kemudian jika anda tidak makan sama sekali, sistem di dalam tubuh anda juga akan ikut kacau.

Kemudian, yang keempat adalah kegemukan. Kemudian kondisi hamil dan menyusui. Lalu gangguan pada otak. Yaitu hipotalamus pituitari. Dimana disitu digunakan untuk merangsang pembentukan hormon. Kemudian yang kedelapan adalah penyakit. Namanya PCOS. Yaitu Polycystic Ovary Syndrome. Dan segala penyakit yang terdapat pada uterus. Kemudian, penggunaan pil hormon atau pil KB. Atau suplemen-suplemen yang mengandung hormon. Jadi, berhati-hatilah jika mengkonsumsi suplemen. Dibaca dulu, ada tidak Badan POM’nya? Dicek dulu apakah ada kadar hormonnya atau tidak. Kemudian yang terakhir adalah stress yang berat.

Jadi, banyak wanita yang tiba-tiba tidak haid karena stressnya yang berlebihan. Terlalu stress. Jadi, ini adalah sembilan penyebab mengapa menstruasi anda kacau atau anda telat menstruasi. Oke sobat sehat, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk anda. Semoga 9 penyebab itu tadi dapat anda hindari.

Oke, sekian informasi ini. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *