Banyak Manfaat Yang Dihasilkan dari Buah Salak

Berikut berbagai manfaat buah salak yang sayang untuk dilewatkan:

1. Melancarkan pencernaan

Banyak orang percaya bahwa buah ini bisa menyebabkan sembelit, alias susah buang air besar (BAB). Faktanya, anggapan ini hanyalah mitos belaka yang tidak bisa dibuktikan kebenarnya.

Sebaliknya, makan buah ini justru bisa membatu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan Anda. Jadi, jangan takut makan buah satu ini. seorang ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko, M.Sc., RD., pun berkata demikian. Malah Jansen menganjurkan untuk makan buah ini bersama dengan kulit arinya.

Pasalnya, baik daging maupun kulit ari buah ini sama-sama mengandung nutrisi padat yang terdiri dari serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Semua nutrisi tersebut baik untuk sistem pencernana Anda.

Contohnya, serat dalam buah ini dapat membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh Anda. Alhasil, buah ini dapat mmebantu Anda agar terhindar dari sembelit. Di samping itu, kandungan tanin dalam buah ini juga memiliki efek antimikroba alami dalam usus sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat diare alami. Tanin juga bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan lainnya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah bersisik yang padat nutrisi ini juga mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan senyawa polifenol dan flavonoid yang berlimpah dalam buah ini dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Lalu, buah ini juga mengandung zat beta karotene. Beta karoten merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, dan bahkan kanker.

Satu penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa FK UGM juga menemukan hal yang serupa. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa ekstrak buah salak pondoh alias Salacca zalacca yang ditambahkan etanol sebagai pelarut dapat meningkatkan imunitas tikus yang sebelumnya terinfeksi bakteri.

Sayangnya, penelitian tersebut masih terbatas pada hewan. Alhasil, dibutuhkan uji praklinik lanjutan untuk memastikan manfaat buah ini dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

3. Menjaga berat badan seimbang

Kalau Anda bosan makan pisang atau alpukat untuk camilan diet, kenapa tidak mencoba ngemil salak? Kandungan serat dan antioksidan dalam buah ini ternyata juga baik untuk asupan diet.

Ya. Serat dalam buah ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Hal ini tentu jadi kabar baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan kandungan kalsium dan karbohidrat. Ini menjadikan salak sebagai camilan yang pas untuk mendukung kebutuhan energi tubuh Anda saat sedang menjalani program diet.

Meski begitu, pastikan Anda tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Ingat, walaupun bermanfaat, apa pun apa pun yang dikonsumsi berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh Anda. Jadi, konsumsilah buah ini secukupnya. Agar program diet yang Anda jalani memiliki hasil yang optimal, jangan lupa penuhi juga asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya.

4. Membantu mencerahkan kulit

Anda mendambakan kulit putih dan mulus? Ketimbang harus menggunakan krim pemutih abal-abal yang banyak beredar di pasaran, Anda bisa memanfaatkan produk-produk alami. Salah satunya buah salak.

Belum lama ini, sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak salak Bongkok yang banyak tumbuh dan dibudidayakan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat diketahui memiliki potensi sebagai agen pencerah kulit alami. Hal ini karena buah ini mengandung flavonoid yang berperan dalam depigmentasi kulit.

Para peneliti juga melaporkan bahwa krim yang mengandung ekstrak etanol buah ini efektif dalam menurunkan indeks melanin kulit manusia setelah digunakan selama 28 hari. Penelitian ini dilakukan oleh Department Farmakognosi dan Fitokimia Fakultas Farmasi Universitas Indonesia dan diterbitkan dalam Pharmaconosy Journal pada tahun 2017.

Sayangnya, masih diperlukan penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas untuk memastikan kalau buah ini bermanfaat dalam mencerahkan kulit.

5. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata, buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskuler tubuh. Pasalnya, buah ini terdiri dari kandungan kalium, antioksidan dan mineral berfungsi untuk mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Salah satu fungsi kalium adalah untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang memengaruhi detak jantung. Asupan kalium yang cukup sangat penting bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah pada detak jantung.

6. Meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang

Buah ini juga mengandung mineral penting seperti zat besi dan kalsium. Kedua mineral ini baik untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta memperkuat otot dan sendi.

Tak hanya itu, zat besi dan kalsium juga berperan untuk mengatur kekentalan darah serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.

7. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Mengingat tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C, maka Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Kabar baiknya, buah ini mengandung vitamin C alami yang cukup banyak.

Vitamin C termasuk salah satu antioksidan kuat yang menawarkan segudang manfaat untuk tubuh. Mulai dari memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menangkal radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit.

Tak hanya itu, vitamin C juga penting untuk memicu produksi kolagen, yaitu jenis protein yang menjaga kulit senantiasa kenyal dan lembut serta agar otot-otot Anda tetap lentur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *