Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Buah Sirsak

Sirsak merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kehamilan. Namun, banyak yang mengatakan bahwa buah sirsak tidak boleh dikosumsi saat hamil karena dapat berbahaya dan menimbulkan gangguan kehamilan bahkan sampai ancaman keguguran pada ibu hamil. Munculnya anggapan tersebut dikarenakan banyak ibu yang belum mengetahui manfaat buah sirsak untuk ibu hamil. Agar ibu dapat memahami manfaat tersebut dan tidak menganggap buah sirsak berbahaya bagi kehamilan. Berikut manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

1. Mencukupi asupan kalsium

Buah sirsak merupakan makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil. Kandungan kalsium dalam buah sirsak cukup tinggi sehingga dapat membantu muncukupi kebutuhan asupan kalsium yang banyak dibutuhkan oleh ibu. Kandungan kalsium tersebut berfungsi dalam perkembangan tulang janin. Kebutuhan kalsium pada ibu hamil lebih besar dibandingakan dengan wanita normal sehingga asupannya harus terjaga dan perlu diperhatikan.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu

Kandungan vitamin C untuk ibu hamil dan dalam bauh sirsak sangat melimpah. Vitamin C merupakan zat yang sudah dikenal lama memiliki peran dalam peningkatan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi buah sirsak dapat meningkatkan daya tahan tubuh melalui kandungan vitamin c yang ada didalamnya. Kandungan vitamin c yang melimpah ini perlu diperhatikan juga agar tidak menimbulkan kenaikan asam lambung jika sirsak dikonsumsi berlebihan.

3. Mencegah sembelit

Konsumsi serat yang banyak dapat mencegah ibu mengalami gangguan yang amat menganggu yakni sembelit. Kondisi sembelit akan membuat ibu merasakan perut yang penuh serta rasa sakit saat buang air besar. Konsumsi buah sirsak dengan kandungan serat yang tinggi mampu mencegah ibu merasa terganggu akibat dari sembelit. Selain mencegah sembelit, kandungan serta dalam buah sirsak juga mampu memperlancar pencernaan pada ibu hamil.

4. Mencegah berbagai komplikasi kehamilan

Dalam masa kehamilan bisa saja seorang ibu mengalami komplikasi kehamilan yang dapat berbahaya bagi janin yang dikandungnya. Mencukupi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya komplikasi kehamilan. Buah sirsak merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi untuk pencegahan tersebut karena kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah.

5. Mencegah mual dan muntah

Rasa mual dan ingin muntah merupakan salah satu aktivitas rutin pada ibu hamil yang cukup mengganggu. Mual dan muntah ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon pada ibu yang sedang hamil. Sebenarnya, mual dan muntah merupakan gejala yang normal dan biasa terjadi pada kehamilan. Namun kondisi ini cukup mengganggu ibu pada setiap aktivitasnya. Rasa asam dan manis pada buah sirsak dapat meningkatkan produksi air liur di mulut sehingga rasa mual yang timbul dapat ditekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *